Menu Melayang

Senin, 05 Januari 2015

perbedaan katun carded dan katun combed

perbedaan katun carded dan katun combed

Nama ‘Carded’ diambil  dari nama mesin pemintalannya yakni mesin carding.ke Banyakan juga yang mengatakan bahwa katun carded belumlah  melalui proses washing, yang awalnya bertujuan untuk membersihkan atau sebagian besar bahan kimia yang berasal dari proses pencelupan warna. type Jenis kain ini cenderung agak kasar dan agak kaku. Hal ini dikarenakan kain katun carded tersusun dari benang-benang yang berbulu dan masih mengandung serat-serat kapas halus  yang pendek. Inilah yang membuat karakter kain carded tersebut menjadi tidak selembut kain katun kaos combed.
Katun karded seringkali menyusut setelah kita cuci. Namun jangan kawatir, jenis kain ini masih cukup dan cocok untuk keperluan promosi, merchandise atau acara perusahaan. Akan tetapi bahan kain seperti ini kurang disukai oleh produsen dan pelanggan kaos distro / clothing.

Katun Combed

penamaan katun combed diambil dari nama mesin, yakni mesin combing. Fungsi dari mesin ini combing adalah untuk membuang serat  pendek dari kapas yang kadang masih tersisa pada proses mesin sebelumnya (mesin carding). Hasil kain comben yang telah melewati proses combing dipastikan menjadi lebih lembut dan halus dibandingkan dengan katun carded. Hal ini dikarenakan telah melalui proses washing dengan baik. Jenis kain ini tersusun dari benang kapas dimana ketika spinning (pemintalan) menggunakan mesin tambahan yang disebut dengan mesin combing.
Jenis kain combed ini sangat cocok untuk untuk banyak keperluan, apalagi untuk negara Indonesia yang beriklim tropis ini. Jenis kain combed dengan karakter yang lembut dan nyaman ini lebih disukai oleh pemakainya. Katun combed sangat diminati oleh pencinta kaos distro / clothing karena teksturnya yang halus, lembut dan nyaman dipakai. Katun combed terbagi menjadi beberapa jenis tergantung gramasinya, seperti: combed 20s, combed 24s, combed 30s dan combed 40s. Untuk mengetahui perbedaan jenis tersebut bisa dilihat  di sini.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel